Jumat, 05 Februari 2016

BELAJAR C++ UNTUK PEMULA ( PERCABANGAN DAN PERULANGAN )


Assalamualaikum W.W.,

Selamat pagi semua, akhirnya nih ane dapet waktu luang juga buat melanjutkan membuat artikel di hari ini. Karena di postingan terakhir kemaren tentang Belajar C++ Untuk Pemula mendapat respon yang positive dari banyak kalangan, makanya itu sekarang ane mau nerusin nih perjalanan Belajar kita tentang C++ di artikel ini. Sekarang kita udah masuk Belajar C++ Untuk Pemula Jilid 2 ( udah kayak sinetron nih hihihi). Di bahasan kali ini masih membahas C++ yang dasar nya kok karena ane juga masih pemula di dunia C++ ini sendiri. Jadi intinya kita sama-sama belajar okeey...
Yang belum tau C++ atau mungkin belum nyimak artikel ane yang sebelumnya bisa nih klik Disini biar lebih tau awal cerita ini gimana wkwk :v :v



Di bahasan kali ini kita bakal membahas Perulangan dan Percabangan. Kedua unsur ini kalau di C++ menggunakan syntax  For dan If. For dan If ini buat apasih ya ? okee cekidoott kita langsung kick of gann ~~

Pertama kita buka dulu aplikasi nya ,, kalau ane masih kayak kemaren yang menggunakan Dev C++.
Buka Dev C++ nya lalu bikin Project Baru langkahnya masih sama seperti kemaren ( liat disini )

Nah masih sama kan ya kalau udah nanti kita bakal masuk ke halaman baru .. ingat! kalau menggunakan C++ harus ditambahin  using namespace std; sebelum di "Main" dan sesudah "Include"

Yooosshh ...  sekarang kita bakal bikin program buat perulangan. Apasih yang dimaksud program Perulangan (atau Looping) ? Nah gini ya didalam suatu program itu kan pasti ada beberapa bagian dari program tersebut yang harus diselesaikan secara berulang. Untuk menghindari penulisan yang berulanga-ulang ( pasti capek kan nulis ngulang mulu :v ) makanya itu lebih enak kalau kita menggunakan statement Perulangan/Looping ini untuk mempersingkat program kita biar enak juga di liat hehe.. oiya sebenernya perulangan itu ada 3 jenis yaitu FOR ,, WHILE ,, DO WHILE tapi kita belajar yang dasarnya dulu aja okeeyy ,,

Oke seperti yang sudah diingatkan sama dosen ane,, "Kalian ini kalau mau bisa dan jago coding nya jangan pernah copas, biasakan mengetik sendiri.. paham?" ini bukan ane loh ya yang ngomong hihi. Tapi nanti insyallah tetep ane sediakan biar bisa di copas tapi simak dulu nih gambar di bawah ini :v :v

Hal pertama setelah kita bikin lembar project baru dan menulis "using name space std;" adalah kita mendeklarasikan dulu variabel ..
contoh = int k; float l; char p; dan lainnya *huruf k,l,p bisa di ganti huruf atau kata lainnya*
 Kalau udah baru kita bikin program perulangannya menggunakan statement For seperti gambar dibawah ini ...


nah disitu ane mendeklarasikan huruf J sebagai integer atau angka. Nah pasti kalian yang baru kenal sama C++ ini bingung apaan sih itu yang ada di dalem kurung sebelah statement Perulangan "For" ?


3 pernyataan didalam kurung itu ada fungsinya masing-masing di statement perulangan.
yang ke-1 "j=0" ini artinya perulangan yang kita lakukan itu di mulai dari 0 atau bisa di sebut juga itu argumen awal untuk melakukan perulangan.
yang ke-2 "j<=10" ini merupakan batas dari perulangan-nya. jadi kalau angka nya udah menyentuk angka <=10 programnya bakal berhenti melakukan perulangan.
yang ke-3 "j++" ini artinya perulangannya terus naik jadi kayak 1,2,3,4 nah kalau mau kebalikannya tinggal tulisa aja "j--" biar hasilnya dari 4,3,2,1 begitulah.

setelah selesai di ketik hasilnya akan jadi seperti ini ...........



#include <iostream>

/* run this program using the console pauser or add your own getch, system("pause") or input loop */
using namespace std;
int main(int argc, char** argv) {
    int j;
   

    cout<<j<<endl;
   
    return 0;
}


Yooosh sudah beres Perulangan kita masuk ke Percabangan. apa Percabangan itu ? Nah kan di dalam pemrograman ini nanti pasti banyak masalah yang harus diselesaikan dengan cara memilih / mengambil keputusan kan, maka dari itu disediakan statement percabangan ini. Ada 3 jenis syntax buat Percabangan atau Pengontrolan : IF ,, IF ELSE ,, SWITCH CASE 
Yang bakal kita pelajari sekarang yang dasar dulu aja yaitu IF ..

terserah deh mau lanjutin program tadi atau mau bikin program baru bebas .. Tulis nih code nya yang ada di gambar



Gambar diatas itu adalah contoh Program Genap Ganjil jadi program itu bisa mendeteksi angka yang kita masukkan Genapa atau Ganjil.

hasil nya bakalan seperti ini kalau di masukkan angka yang berbeda-beda :




Oiya ane lupa belum jelasin apa yang ada di dalam kurung IF itu ya ? yaudah sekarang langsung aja dibahas tapi liat dulu gambar dibawah ini biar jelas maksudnya yang mana :v

 IF itu menunjukkan kondisi syarat .. maksudnya ini loh syarat nya kalau kamu mau nampilin bilangan genap . Nah syarat diatas di nyatakan dengan "j % 2 ==0" artinya kalau J ini di bagi 2 sisa bagi nya itu = 0 tanda persen(%) disini artinya modulu di Matematika ada nih wkwk. Nah kalau tulisan "Else" dibawah itu menandakan kalau syarat nya tidak terpenuhi ya berarti bukan genap. jadi sama kayak "Jika bukan bla bla bla Maka ble ble ble" gitu lah pokoknya kurang lebih maksud ane ,, paham kagak neehh ? nih codingannya biar bisa di copy paste ane kasih ::

#include <iostream>

/* run this program using the console pauser or add your own getch, system("pause") or input loop */
using namespace std;
int main(int argc, char** argv) {
    int j;
    cout<<"Masukkan angka = ";
    cin>>j;
    if (j % 2 == 0)
        cout<<"Genap";
else
         cout<<"Ganjil";
   

    return 0;
}

Gimana Belajar C++ nya ? Nah mudah kan ya bikin program pakai C++ ? Beberapa Statement diatas itu masih paling dasar ya masih sederhana banget. Nanti bisa ente ente kreasikan lagi di coba-coba aja sendiri sambil belajar via Youtube yang lebih rumit nya.


Sekian dulu dah Belajar C++ Untuk Pemula dari ane ..  kalo ada lebih nya Alhamdulillah kalau ada kurang nya mohon diingatkan hehe ..

Wassalamualaikum W.W.

50 komentar:

  1. mirip netbeans struktur kodenya , ijin belajar juga masih pemula

    BalasHapus
  2. ijin belajar gan..totornya sangat lengkap...pas bangat untuk pemula kaya' saya

    BalasHapus
  3. saya juga pemula, belum begitu paham bahasa c++
    kalau percabangan atau perulangan kyak nya kurang lebih saja ya beberapa bahasa pemrograman if, else, for, while do

    BalasHapus
  4. dicoba dulu gan... mudah2an berhasil nih... terima kasih

    BalasHapus
  5. ilmu baru nih buat ane. izin pelajarin yah gan

    BalasHapus
  6. Lumayan mudah gan utk di praktekan .. Thanks gan tutor nya bisa di pahami

    BalasHapus
  7. di sekolah ane jg di ajarin gan.. eprulangan hari2

    BalasHapus
  8. wih dapet ilmu nih thanks udah share gan.Btw ada sejarah Bahasa C terus ke C++ gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ide bagus .. nanti deh ane baca buku dulu hehe

      Hapus
  9. agak ribet nih, sambil coba ah

    BalasHapus
  10. ijin bookmark gan, buat kapan-kapan kalau butuh..

    BalasHapus
  11. makasih bro soalnya gw baru diajarin tadi pagi sama guru gw makasih gan infonya

    BalasHapus
  12. cocok nih gan untuk belajar coding, tapi nyimak aja lah ane lagi fokus belajar html

    BalasHapus
  13. Waduhh gan, puyeng ane klo koding

    BalasHapus
  14. lumayan buat belajar, thanks gan

    BalasHapus
  15. Pengen banget bisa aplikasi ini mas

    BalasHapus
  16. wah dulu ane sedikit paham nih tntng ginian, dulu prnh coba bikin cheat2 gitu eheheh

    BalasHapus
  17. jadi pengen belajar c++ karena ane baru masuk informatika. stay on site

    BalasHapus
  18. Hueee...gak ngerti :v kalo emang materi kuliah IT kayak gitu,mampus gua :'v

    BalasHapus
  19. Wah jadi ngingetin ane pas dulu belajar tentang c++

    BalasHapus
  20. izin nyimak gan, pemula thanks info

    BalasHapus
  21. bingung gan ane liatnya eheheh

    BalasHapus
  22. gan ane masih bingung fungsi dari using namespace std; itu gan sama yg
    int main(int argc, char** argv)

    BalasHapus
    Balasan
    1. fungsi using namespace std; ini fungsi nya untuk penggunaan cout<< atau cin>> nah tanpa using namespace stdl itu cout dan cin nya jadi engga terbaca. kalo yang int main( bla bla ) itu udah dari dev c++ nya, jadi awal bikin project baru itu langsung ada sebagai Body of program nya (y)

      Hapus
  23. Artikel yang menarik. Indahnya saling berbagi pengetahuan dan keilmuan. Silahkan singgah di blog perkuliahan pemrograman saya:

    http://rismonhasiholansianipar.blogspot.co.id

    http://rhsianipar.blogspot.co.id

    http://rismonhsianipar.blogspot.co.id

    BalasHapus
  24. terimah kasih sudah berbagi ilmu nya..,

    BalasHapus